komputer dan masyarakat

KOMPUTER & MASYARAKAT
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Definisi
Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan di masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.
Kajian mengenai peran Komputer dalam masyarakat dalam kontribusinya memberikan dukungan kepada berbagai sektor kehidupan masyarakat sudah begitu banyak disajikan bahkan sudah menjadi obrolan dimeja makan.
Peran Komputer yang disajikan ataupun yang difokuskan adalah pada persoalan teknis dan manfaat teknotogi tersebut belum menyentuh aspek yang lain, padahal ketika suatu system dibangun maka akan berdampak ke semua lini dari masyarakat dan alam semesta. Sedangkan Teknologi komputer diciptakan sebagai pemenuh dari kebutuhan manusia secara komersial dan kebutuhan kepuasan.
Perkembangan Komputer dalam satu abad ini begitu cepat, dan tak terkendali bahkan melebihi dari perkembangan manusia yang menciptakan teknologi tersebut. Contoh perkembangan untuk sebuah hardware dan software itu hanya membutuhkan kurang dari satu tahun, sedangkan perkembangan manusia dan anak-anak ke remaja membutuhkan minimal 10 tahun begitu juga dari remaja ke dewasa atau kemampuan anak dari baru mampu berdiri sampai berlari itu membutuhkan waktu yang lama.
Apabila kita sadar ketika suatu perkembangan baru muncul maka kita akan secara langsung maupun tidak langsung akan mendapatkan dampak yang hebat. Baik itu bermanfaat atau malah merugikan. Pada pertengahan tahun 80 perusahaan Hand Phone mulai memasarkan telepon genggam dengan menggunakan nada sambung dan nada peringatan dengan multy nada atau yang sering disebut polyphonic dengan extention “MID”, dan untuk mendapat jenis nada yang dinginkan masih sangat sulit karena masih kesulitan untuk mengkonversi extension nada yang lain (MP1, Mp2, Mp3, dll). Tetapi kalau kita lihat sekarang, begitu mudahnya untuk mendapatkan nada tersebut dan dengan kualitas yang lebih baik.

Ada beberapa hal-hal yang kehidupan masyarakat yang berubah dari lahirnya internet;
1. Dunia Usaha
Ketika belum lahirnya internet, mungkin Budi Sudarsono sebagai pemilik Detik.com tidak pernah berpikiran bahwa dia akan menjadi salah satu dari 100 orang terkaya di Indoneisa. Dan masih banyak lagi pengusaha-pengusaha baru yang lahir dan jenis perdagangan baru yang muncul.
2. Semua bisa menjadi sumber informasi
Pada saat ini, setiap orang dapat dengan mudah untuk menjadi sumber ataupun mencari sumber informasi, karena tak terbatasnya jaringan komputer yang terkoneksi dengan komputer lain.
3. Kejahatan baru
Para ahli hukum harus bekerja lebih keras dalam mendeskripsikan suatu kesalahan seseorang karena kejahatan yang dilakukan melalui internet belum dapat didefinisikan, contoh seorang Cracker (Hacker dalam pengertian negatif..red) mengambil data orang lain. Apakah dia dapat dikategorikan penjahat/maling? Padahal kalau maling harus ada saksi dan bukti. Dan masih banyak contoh lain yang sering kita temui

Tidak ada komentar:

Posting Komentar